Minggu, 27 April 2008

ECHO, STORING, FEEDBACK















Sering kali kita mendengar suara mendengung atau mendenging dalam sound sistem, sehingga mengganggu keindahan musik atau suara yang kita dengarkan. Suara tersebut biassa disebut orang echo, atau storing, atau juga disebut orang feedback. Apakah yang disebut echo/storing/feedback dalam sound system daqn kenapa harus terjadi serta bagaimana mengatasi? Nah, berikut ini adalah TIPs atau Penjelasan sederhana yang mudah dipahami.

Echo/Storing/Feedback adalah terjadinya resonansi dan penguatan secara berulang-ulang terus menerus pada suatu sistem penguatan sudio. Suara masuk melalui microphone diperkuat oleh amplifier lalu keluar lagi dengan suara yang lebih kuat pada speaker. Apabila suara yang keluar dari speaker masuk lagi ke microphone oleh karena berhadapan langsung atau pantulan, maka akan terjadi penguatan secara berulang tersebut, sehingga terjadilah suara mendenging yang disebut echo/storing/feedback tersebut.

Apabila terjadi echo/storing/feedback ketika anda sedang menjadi prokantor, jangan panik...! Langkah yang perlu diketahui adalah mencari dan mengamati dengan cepat microphone mana yang menyebabkan penguatan suara dari speaker secara berulang. Apabilam sudah teridentifikasi, maka langsung rubahlah arah microphone sehingga tidak dapat menangkap suara langsung dari speaker. Apabila echo/storing/feedback masih terjadi walaupun arah microphone sudah diarahkan menjauhi speaker, maka volume pengurangan daripada microphone tersebut perlu dikurangi.
Gambar diatas, dapat dijadikan acuan prokantor untuk mengarahkan microphone yang benar dan yang salah. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar: